Informasi Tips dan Trik Otomotif Motor dan Mobil Terbaru dan Terkini.

Saturday, November 12, 2016

Cara Memeriksa Keadaan Busi dan Tips Merawatnya


Hal yang paling menjengkelkan adalah ketika motor mogok dalam situasi urgent. Apalagi di saat tersebut, kita tak pernah tahu apa yang membuat motor kita mogok. Anda perlu mengetahui bahwa salah satu faktor yang menyebabkan seringnya motor mogok adalah busi yang rusak. Untuk itu sebagai tindakan pertama saat motor tidak bisa distarter atau mogok, hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek kondisi businya. Lalu bagaimanakah cara memeriksa keadaan busi yang tepat? Berikut kami jelaskan tips memeriksa kondisi busi.

Untuk cara memeriksa keadaan busi yang pertama, coba lihat dari warnanya. Busi yang normal biasanya memiliki warna abu-abu atau merah dari ujung elektrodanya hingga selongsong businya. Jika warna busi hitam pekat, maka hal ini bisa menjadi salah satu penyebab setting karburator yang terlalu boros bahan bakar. Selain dari segi warna, coba cek pula apakah busi tertutup kerak atau tidak. Jika ia maka hal ini bisa disebabkan karena pemilihan bahan bakar yang kurang baik untuk motor. Ketika bensin yang digunakan pada motor tidak cocok, maka akan berdampak para kerusakan mesin terutama pada busi.

Agar busi tidak cepat rusak, maka tentu harus selalu dirawat secara rutin. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, namun busi ini memiliki fungsi yang sangat penting agar kendaraan dapat bekerja dengan baik. Salah satu tips yang harus dilakukan dalam merawat busi adalah dengan membersihkan busi dari sisa pelumas atau kotoran. Sebelum melepas busi, bersihkan terlebih dahulu lubang tempat busi dengan kain bersih.

Jika sudah, selanjutnya cek kondisi busi. Apabila busi berkerak abu dan kering, maka hal ini menjadi salah satu tanda bahwa kondisi pembakaraan kendaraan baik. Sedangkan jika busi dalam kondisi basah dan berkerak hitam, maka bisa jadi sistem pembakaran mesin kurang sempurna. Jika sudah dicek, bersihkan busi dengan sikat kawat, lalu pasang kembali. Jangan pasang busi terlalu kencang karena bisa berdampak pada kerusakan arus ulir mesin. Itulah cara memeriksa keadaan busi dan cara merawat busi yang simpel.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memeriksa Keadaan Busi dan Tips Merawatnya

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.